Jumat, 28 November 2014

Perhitungan Pembelian

Ketika kita berbelanja disebuah toko minimarket atau swalayan, sebagain besar sistem perhitungan pembeliananya sudah tidak lagi menggunakan perhitungan manual dengan mengunakan selembar kertas atau kwitansi dengan bantuan kalkulator, dengan alasan efisiensi. sehingga banyak toko minimarket dan swalayan beralih ke sistem komputerisasi.

Coba bayangkan jika minimarket setingkat Alfamart atau indomart masih mengunakan sistem pencatatan manual pasti akan terjadi antrian pembayaran di kasir, dan itu akan menyulitkan kasis untuk menghitungnya, selain itu kasir juga butuh menghafal ratusan harga produk yang di jual pada minimarketnya. dan Keliahatanya tidak praktris.

dari masalah tersebut mungkin kita bisa membuat sebuah aplikasi sederhana dengan alur algoritma yang mudah, dengan bantuan program C++ dengan nama istilahnya program perhitungan Pembelian dan tanpa mengunakan database, pertama tama kita buatkan alur flowchartanya:



Dan kedua di eksekusi kedalam coding dengan text editor borlan C++


#include
#include
main()
{
char nabar[15];
int jumbel,hrg,ubay;
double totbay,total,pot,ukem;
clrscr();
cout<<" perhitungan pembelian \n";
cout<<"********************** \n";
cout<<" nama barang  : ";cin>>nabar;
cout<<" jumlah beli  : ";cin>>jumbel;
cout<<" harga satuan : ";cin>>hrg;
total=jumbel*hrg;
if (total>=100000)
pot=0.2*total;
else
pot=0;
cout<<" total harga : "<cout<<" besarnya potongan : "<totbay=total-pot;
cout<<" total bayar : "<cout<<" uang bayar : ";cin>>ubay;
ukem=ubay-totbay;
cout<<" uang kembali : "<getch();
}



lalu kita jalankan sintak tersebut, bagaimana hasilnya, walaupun sederhanya lumayan untuk meringankan beban si petugas kasir. Silahkan dieksplor agar menjadi program yang layak.
Selamat Mencoba